UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-78 TAHUN 2023

  • Admin
  • Sabtu, 11/11/2023
  • Umum
  • 125 hits



Apa makna dari Hari Pahlawan 10 November?

Kemerdekaan yang dinikmati masyarakat Indonesia saat ini tak terlepas dari karunia Tuhan serta pengorbanan para pahlawan. Mereka gugur di medan perang demi mempertahankan bangsa dan negara. Hari Pahlawan memiliki beberapa makna penting, seperti menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air, meningkatkan apresiasi terhadap sejarah dan budaya Indonesia, serta merenungkan nilai-nilai kepahlawanan dan semangat perjuangan yang dapat dijadikan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya merupakan salah satu hari bersejarah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Dan pada hari ini pula seluruh warga SMKN 2 Mataram menyelenggarakan Upacara Bendera peringatan Hari Pahlawan.

 

Mengutip Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan 2023 yang diterbitkan oleh Kemensos, upacara bendera dilaksanakan pada 10 November 2023 pukul 08.00 waktu setempat.

 

Adapun susunan upacara Hari Pahlawan 2023 meliputi:

·         Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara

·         Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

·         Pengibaran bendera Merah Putih, diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.

·         Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.

·         Pembacaan Pancasila.

·         Pembacaan Pembukaan UUD 45.

·         Pembacaan Amanat dan pesan-pesan Pahlawan oleh Pembina Upacara.

·         Pembacaan Doa.

·         Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara

·         Upacara selesai

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi para peserta didik yang meraih prestasi dalam bidang keahlian masing – masing.

Penulis: Gladys Alisa Suciani, S.Kom

: tanpa label