A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: inc/meta.php

Line Number: 14

Backtrace:

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/application/views/template/smkn2m21/inc/meta.php
Line: 14
Function: _error_handler

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/application/views/template/smkn2m21/inc/header.php
Line: 5
Function: require

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/application/controllers/Post.php
Line: 12
Function: view

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/index.php
Line: 292
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: inc/meta.php

Line Number: 15

Backtrace:

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/application/views/template/smkn2m21/inc/meta.php
Line: 15
Function: _error_handler

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/application/views/template/smkn2m21/inc/header.php
Line: 5
Function: require

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/application/controllers/Post.php
Line: 12
Function: view

File: /home/smkn2m10/domains/smkn2mataram.sch.id/public_html/index.php
Line: 292
Function: require_once

- SMKN 2 Mataram | smkn2mataram.sch.id

PROFIL BC

Pembaharuan terakhir 2025-06-04 09:13:38 420 hits

Uraian Singkat tentang Usaha

Bussines Center Handayani merupakan salah satu unit usaha sekolah di SMK Negeri 2 Mataram yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan. Bussines Center (BC) Handayani yang merupakan bagian dari unit kegiatan yang ada di Lingkup SMK Negeri 2 Mataram sudah beroperasi atau melaksanakan kegiatannya sudah cukup lama lebih kurang 13 Tahun dari bulan januari 2010. Bussines center Handayani salah satu unit sekolah yang digunakan sebagai wadah untuk menumbuh-kembangkan karakter dan etos kerja (disiplin, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kepemimpinan, dan lain-lain) yang dibutuhkan DU/DI serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competency based training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (production based training).

Tujuan BC Handayani

1.      Sebagai alat perencanaan manajemen bisnis  bagi seluruh komponen pendidikan.

2.      Sebagai sarana Teaching Factory untuk menumbuh-kembangkan karakter dan etos kerja (disiplin, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kepemimpinan, dan lain-lain) yang dibutuhkan DU/DI

3.      Meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competency based training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (production based training).

4.      Memberikan nilai tambah ekonomis bagi warga SMK Negeri 2 Mataram.

Landasan

1.      Kepmendikbud No. 0490/U/1992, pasal 44 untuk memperoleh sumber dana/pembiayaan, SMK dapat bekerja sama dengan masyarakat, Dunia
 Usaha/ Dunia Industri.

2.      Lampiran 1 kepmendikbud No. 080/U/1993 SMK dapat memanfaatkan Businesss Center yang beroperasi secara profesional sebagai wahana pelatihan keahlian kejuruan.

Maafaat Business Center

1.      Sebagai tempat Pendidikan dan Pelatihan Siswa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan  sesuai dengan program keahliannya masing-masing.

2.      Untuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan tambahan kepada siswa agar lebih siap dalam menghadapi Dunia Usaha/Dunia Industri.

3.      Untuk meningkatkan Kemampuan, Kualitas, Produktivitas, Profesionalisme, dan Aktifitas Psikomotorik/Skill siswa dalam menghadapi Dunia Usaha/Dunia Industri.

4.      Sebagai tempat Pendidikan dan Pembelajaran bagi siswa dan seluruh komponen pendidikan dalam mengelola usaha.

5.      Sebagai Pusat Kegiatan Usaha/Bisnis dengan tujuan Profit Oriented sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan.

6.      Wadah bentuk kerja sama sekolah dengan masyarakat Dunia Usaha/Dunia Industri dan masyarakat pengguna jasa.

7.      Bernilai ekonomis bagi kelengkapan pasilitas praktek.

8.      Meningkatkan kualitas keterampilan guru dan siswa.

Pengurus Business Center

1.      Pembina                                    : H.Munawar, S.Sos., S.Kom,MM

2.      Penaggung Jawab                     : Fathul Murat, S.Kom

3.      Ketua                                        : Nurul Izzati, SE

4.      Sekretais                                   : Ratna, S.Pd

5.      Bendahara                                : Dra. Nyoman Sugiarthi

6.      Pelaksana Cafe                         :

7.      Karyawan                                 : 1) Saofi Hadi

                                                           2) Meliana Putri


STUKTUR ORGANISASI


 JOB DESCRIPTION

1.      Pembina :

1)      Memberikan bimbingan dan nasehat kepada pengurus dalam melaksanakan program kerja Business Center.

2)      Memberikan masukan – masukan dalam pelaksanaan program kerja pengurus, guna kemajuan kegiatan Business Center.

2.      Pengawas :

1)      Mengawas dan mengontrol pengurus dalam melaksanakan program kerja.

2)      Memberikan arahan kepada Pengurus dalam melaksanakan program kerja.

3)      Memberikan masukan – masukan guna kemajuan kegiatan Business Center.

3.      Ketua :

1)      Melaksanakan Program Kerja yang sudah direncanakan.

2)      Mengambil keputusan layak atau tidak sebuah kegiatan dikerjakan.

3)      Mengadakan meeting berkala untuk mengkaji ulang pelaksanaan manajemen Business Center, sebagai tercipta suatu manajemen yang profesional, sehat dan produktif.

4)      Menyetujui/tidak menyetujui pengeluaran uang yang diusulkan oleh bendahara.

5)      Mengajukan usulan – usulan kepada Pembina dan Pengawas guna meningkatkan kinerja Business Center.

6)      Menampung dan menganalisa usulan dari personal Business Center.

7)      Mengawasi dan mengevaluasi secara terus menerus aktifitas komersial dan posisi keuangan Business Center.

4.      Sekretaris :

1)      Menyiapkan administrasi aktifitas di Business center.

2)      Menyiapkan format – format dan dokumen yang dibutuhkan.

3)      Mengelola surat masuk dan surat keluar.

4)      Mengadministrasikan piutang pembeli.

5)      Menginventarisasikan potensi dan mendokumentasikannya dalam file.  

5.      Bendahara :

1)      Menyusun rencana anggaran belanja toko dan cafe, gaji pegawai, biaya operasional, biaya listrik/telepon /Air/biaya perawatan.

2)      Memproses permintaan uang yang harus dipertanggung jawabkan.

3)      Membantu Kepala dalam mengelola keuangan Business Center.

4)      Menerima, mengeluarkan, menyimpan, membukukan dan mempertanggung jawabkan bidang keuangan.

5)      Mengurus administrasi keuangan guna kesejahteraan ( insentif dan honor )

6)      Menyusun program kerja bersama ketua.

7)      Bersama kepala Business Center aktif mengawasi posisi keuangan Business Center.

6.      Karyawan


1)      Membersihkan area toko Busines Center

2)      Memberikan label barang

3)      Mencatat transaksi penjualan dan pembelian

4)      Melayani konsumen

5)      Men-display dan mendata produk di area toko

6)      Memahami tentang stok dan produk

7.      Piket Siswa/I:

a.       Kebersihan dan Kerapian:

·         Menjaga kebersihan area toko, termasuk merapikan rak dan meja.

·         Memastikan lingkungan toko selalu nyaman dan presentatif.

b.      Pelayanan Pelanggan:

·         Menyambut pelanggan (siswa, guru, staf) dengan ramah dan membantu mereka menemukan produk yang dibutuhkan.

·         Menjawab pertanyaan mengenai produk atau layanan yang tersedia di toko.

·         Membantu proses transaksi sederhana (misalnya, pembayaran tunai/non-tunai dengan bimbingan dari staf penanggung jawab).

c.       Pengelolaan Stok dan Tata Letak:

·         Memastikan display produk rapi, bersih, dan terisi penuh.

·         Membantu dalam penyusunan dan penataan ulang barang dagangan sesuai instruksi.

·         Melaporkan kekurangan stok atau barang yang perlu diisi ulang kepada staf penanggung jawab.

d.      Tugas Administratif Ringan:

·         Membantu pencatatan sederhana atau inventarisasi jika diperlukan.

·         Melaporkan masalah teknis atau kebutuhan perbaikan di area toko.

e.       Dukungan Umum:

·         Melaksanakan tugas-tugas lain yang relevan seperti yang diarahkan oleh staf penanggung jawab Business Centre.


Pengelolaan Usaha

1)            Tenaga kerja Kegiatan operasional berada dibawah kendali sekolah,

2)            Toko sekolah

Mini market menggunakan 2 orang karyawan, yaitu pelayan toko dan kasir. Pegawai toko mempekerjakan alumni SMK Negeri 2 Mataram. Pegawai toko di bantu oleh siswa/i kelas X dan XI yang piket yaitu jurusan Pemasaran dan Akuntansi.

3)            Cafetaria

Cafetaria dikelola siswa kelas X dan XI dibawah bimbingan guru jurusan pemasaran dan guru normatif adaftif yang bekerja dalam satu tim.

4)            Strategi usaha Business Center ini lebih mengutamakan memberi pengalaman bagi siswa dalam mengelola usaha, tanpa mengabaikan profit. Oleh karena itu, diperlukan strategi usaha agar hal tersebut bisa terpenuhi. Adapun  strategi yang dijalankan adalah:

·         Memberikan diskon dan souvenir bagi mereka yang menjadi member dengan mengumpulkan poin

·         Meningkatkan hasil penjualan dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 2 Mataram dengan berbelanja minimal Rp 50.000,00 perbulan khususnya untuk ASN

KOMENTAR